7 Tips Cara Merawat Karpet Masjid Yang Baik Dan Benar

Cara merawat karpet masjid – kita ketahui bersama kalau kebersihan sebagian dari iman. Ini mengandung makna bahwa menjaga kebersihan merupakan bukti keimanan seorang muslim. Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “ Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

Islam mengajarkan kita untuk selalu hidup bersih. Kebersihan adalah sesuatu yang harus dijaga oleh setiap manusia, baik kebersihan diri atau lingkungan. Dalam islam juga terdapat ajaran untuk mengutamakan kerbersihan, bahkan dikatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman.

Selalu kita ketahui syarat sah nya beribadah adalah tempat yang selalu bersih dan suci, begitupun juga dengan karpet masjid. Masalah yang sering dijumpai karpet masjid biasanya, sering terkena noda makanan, tumpahan minuman, debu, basah lembab hingga bau tidak sedap, bahkan bau iler orang yang suka tiduran di masjid.

Nah berikut ini Juragan karpet akan membantu berbagi tips cara merawat karpet masjid yang baik dan benar.

7 Tips cara merawat karpet masjid yang baik dan benar

1. Pasang keset didepan masjid. Ini agar orang yang masuk ke masjid menginjakkan kaki dulu ke karpet berfungsi untuk mengurangi air yang menempel pada kaki jamaah, agar karpet masjid tetap kering, wangi dan bersih.

2. Segera bersihkan noda noda yang menempel pada karpet agar tetap wangi dan bersih. Ketika berdebu, bersihkan dengan sikat plastik dan pengki. Cukup sikat dengan cara memutar, debu, sisa makanan dan rambut otomatis akan menempel. Noda yang dibiarkan terlalu lama akan membandel dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Anda bisa memanfaatkan baking soda dan cuka untuk membersihkan karpet yang bernoda. Sedangkan untuk menjaga aromanya bisa mengguanakan baking soda esensial oli aroma lavender dan daun rosemary kering yan dicampur, ditaburkan dikarpet lalu divacuum sehingga aromanya akan menyeber ke seluruh ruangan. Bisa juga menggunakan cengkeh, kopi yang dimasukkan ke plastik dan pewangi karpet yang ada dipasaran untuk menjaga aromanya.

3. Gunakan vacuum cleaner.  Sebaiknya bersihkan karpet masjid setiap hari untuk menjaga karpet masjid wangi dan bersih. Gunakan vacuum cleaner yang berkualitas tinggi agar tidak rusak tekstur karpet.

4. Mengubah posisi karpet 3bulan sekali. Ini bertujuan supaya karpet yang sering terinjak dari kaki yang basah saat ambil wudhu bisa berganti. Cara praktis ini yang akan senantiasa membuat karpet lebih terjaga kualitas jahitan dan warnanya.

5. Menjemur karpet, minimal 3bulan sekali. Menjemur karpet berfungsi untuk menjaga karpet agar tetap kering dan bersih. Jangan lupa untuk memvacuum karpet setelah karpet selesai dijemur, karena biasanya terdapat debu yang menempel di karpet.

6. Cuci karpet 6 bulan sekali. Pencucian karpet masjid secara berkala agar karpet tetap bersih dan wangi. Anda bisa menggunakan deterjen khusus untuk mencuci karpet agar warna karpet tidak pudar.

Tips Cara Merawat Karpet Masjid Yang Baik Dan Benar

7. Gunakan parfum karpet anti bakteri. Langkah ini bertujuan agar karpet tetap wangi dan bersih terhindar dari bakteri.

 

Itulah informasi bagaimana tips cara merawat karpet masjid yang baik dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua yang sedang membacanya. Jika kalian hendak mencari karpet masjid berkualitas, Juragan karpet siap membantu. Tersedia banyak variasi karpet serta harga yang terjangkau buat semua kalangan. Jangan sungkan untuk menghubungi customer service kami, konsultasi gratis sepuasnya. Terima kasih.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *