Begini Cara Ampuh Membersihkan Karpet Masjid

membersihkan masjid

Karpet menjadi salah satu perabot paling penting dan harus ada di dalam masjid.

Selain untuk meningkatkan kenyamanan dan memperindah interior masjid, karpet masjid juga akan menambah kekhusyukan kita dalam beribadah.

Melihat intensitas penggunaan yang cukup tinggi dan digunakan oleh orang banyak, ada kalanya karpet masjid harus dibersihkan.

Kenapa karpet masjid harus dibersihkan?

Pada waktu tertentu karpet akan berdebu dan beresiko menjadi tempat berkembangnya bakteri atau virus yang menyebabkan berbagai penyakit.

Tentunya kita tidak ingin masjid menjadi sumber penyebaran penyakit menular, yang mungkin saja penyakit tersebut akan dibawa sampai rumah dan menularkan anggota keluarga jama’ah masjid.

Selain itu, bakteri yang ada dikarpet bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau tidak sedap tersebut akan semakin terasa jika ruangan masjid tidak dilengkapi dengan aliran udara yang cukup baik.

Membersihkan karpet masjid juga tidak sama seperti membersihkan benda-benda yang lainnya.

Karena karpet masjid memiliki tekstur bulu yang tebal dan ukurannya yang panjang, maka membersihkan karpet masjid perlu tahapan khusus supaya karpet bersih dan tidak cepat rusak.

Jadi, perlu sekali orang yang bisa melakukan hal ini, dan peralatan yang yang dibutuhkan guna membersihkan karpet masjid.

Dan berikut ini beberapa tahapan membersihkan karpet masjid :

Alat-alat yang dipersiapkan

  1. Vacum cleaner / penyedot debu
  2. Jemuran berukuran besar. biasanya menggunakan bambu atau pagar
  3. Selang panjang dan hose nozzle bertekanan tinggi
  4. Air mengalir
  5. Deterjen khusus karpet / shampoo bayi
  6. Sikat lembut
  7. Baking soda

Cara membersihkan :

  1. Bentangkan karpet dilantai, lalu lakukan bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan vacum cleaner, cara ini sangat penting dilakukan sebelum karpet dicuci karena kebanyakan dari kotoran di karpet adalah tumpukan debu yang menebal.
  2. Kemudian bentangkan karpet masjid tersebut di jemuran, pagar untuk menyangga karpet selama di besihkan. Pastikan posisi karpet sedikit miring gunaknya agar ketika dicuci aliran air akan lebih mudah mengalir dan mempermudah pengerjaan pembersihan.
  3. Setelah itu, semprot karpet dengan air, usahakan menggunakan selang dengan tekanan air agar kotoran di karpet bisa benar-benar terlepas.
  4. Setelah karpet basah, bubuhkan sabun atau cairan pembersih khusus karpet atau jika tidak ada bisa gunakan shampo bayi. Disarankan untuk tetap menggunakan sabun khusus karpet.
  5. Sikatlah karpet masjid dengan menggunakan sikat lembut, jangan menyikat terlalu keras karena dapat merontokkan bulu karpet dan membuat karpet kasar setelah kering.
  6. Pastikan semua bagian kotor karpet sudah disikat, setelahnya siram dengan air, ini berfungsi membilas karpet dan menghilangkan kotoran serta sisa sabun yang mungkin masih.
  7. Jemur dan keringkan karpet di tempat yang teduh serta tidak langsung terkena sinar matahari juga cukup sirkulasi udara. Selain untuk menjaga kualitas karpet, kondisi penjemuran yang baik juga bisa mencegah karpet menjadi bau.
  8. Setelah karpet tersebut benar-benar kering, taburi karpet dengan baking soda untuk menghilangkan bau,
  9. Tunggul selama 30 menit lalu bersihkan karpet menggunakan vacum cleaner.

Itulah tahapan-tahapan dalam membersihkan karpet masjid. Jadi, untuk membersihkan karpet masjid tidak bisa sembarangan guna menjaga agar karpet tetap bersih dan tetap awet.

Semakin bersih dan nyaman karpet masjid, insha Allah semakin Istiqomah juga kita dalam beribadah.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *